1/14/2014

Pengertian Siluet, Seni Gambar Siluet

 Assalamualaikum Sob !
Pada postingan saya kali ini saya akan membagikan sedikit yang saya tahu tentang seni siluet. Mungkin sobat-sobat sudah banyak yang mengetahui, apa itu seni siluet. Awalnya saya mengetahui seni ini setelah saya menonton acara Pas Mantab yang tayang di Stasiun Televisi Trans7. Ya seperti yang sobat-sobat ketahui, pada acara itu setiap bintang tamu yang diundang, pada akhir acara akan dibuatkan kenang-kenangan berupa gambar siluet oleh seniman yang ada di Acara tersebut.
Bedasarkan analisis saya, pengertian karya seni siluet itu dibagi atas 2 macam, yaitu :

Pengertian Siluet Dalam Fotografi

Siluet adalah efek yang dihasilkan dalam fotografi karena adanya perbedaan signifikan antara pantulan cahaya objek utama di bagian depan gambar dengan latar belakangnya. Biasanya hasil foto objek hanya bayangannya. Untuk menghasilkan siluet, cahaya dari bagian belakang objek harus sangat terang kemudian ditangkap dengan menyesuaikan cahaya latar belakang.
Siluet juga bisa dihasilkan dengan menghalangi pantulan cahaya objek utama secara selektif.

 Pengertian Siluet Dalam Seni Gambar / Seni Potong Bayangan

Siluet adalah gambar objek orang atau adegan yang terdiri dari batas pinggir (outline) dan bidang dalam (interior) polos, dimana objek yang dibuat siluet biasanya dibuat berwarna hitam. Secara tradisional, siluet adalah suatu bentuk karya seni. Siluet dapat dibuat di berbagai media artistik, tetapi tradisi pemotongan potret dari kertas kartu hitam telah bertahan sampai sekarang. Berikut adalah contoh karya seni Siluet dari segi fotografi maupun dari seni gambar/potong bayangan.























Itulah yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat semua. Bila ada kesalahan, saya minta maaf dan diharapkan masukkannya dari sobat yang mungkin lebih mengerti dalam hal ini.

Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa mampir lagi ya di lain kesempatan... :D
Silahkan berkomentar jika ingin berkomentar...



4 komentar

Silahkan jika Anda ingin berkomentar.