1/14/2014

Hujan Salju Berpotensi Turun Di Indonesia

BMKG : Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya mengatakan, jika dilihat fenomena yang terjadi di beberapa negara, seperti Vietnam dan Timur Tengah terdapat udara dingin pada musim-musim tertentu.





Hujan Salju di Timur Tengah


Hujan Salju di Vietnam

Saat ini di bagian utara terdapat musim dingin, dan di bagian selatan terdapat musim panas. "Di antara musim tersebut terdapat udara dingin dan sangat dingin, barangkali keduanya bertemu dan terjadi udara yang sangat dingin sehingga terjadi pembekuan dibawa oleh uap air," katanya, saat dihubungi KORAN SINDO, Kamis (19/12/2013).

Fenomena yang terjadi di Vietnam sebagai negara bintang tinggi, udara dingin yang jatuh dari utara menuju selatan yang mempunyai gerakan udara yang berlebih.

Dalam hal ini, ada pembelokan angin dan dingin yang datang dari utara bertemu dengan angin dan uap air maka terjadi gumpalan es.

Menurut dia, di atas udara tersebut ada uap air yang mengenai udara dingin dan jatuh. Selanjutnya harus dilihat gerakan anginnya.

Kemungkinan, lanjut dia, di Indonesia dapat terjadi fenomena salju. Namun, harus dilihat gerakan udara dan tekanan uap air serta suhu udara dingin yang ada.

"Kira-kira memang bisa terjadi fenomena itu di Indonesia. Kami lihat gerakan udara di Indonesia," tegasnya.





Sumber : sindonews.com

Silahkan jika Anda ingin berkomentar.