1/14/2014

Cara membuat gambar Siluet dari foto dengan menggunakan Photoshop




Hay, sobat. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara membuat gambar siluet dengan mengedit foto. Mungkin sobat-sobat sudah banyak yang mengetahui caranya, tetapi masih lebih banyak sobat-sobat kita yang lain yang belum tau bagaimana cara membuat gambar siluet dengan cara mengedit foto. Karena itulah, dengan memosting tutorial ini, saya harap dapat membantu sobat-sobat yang belum mengetahui bagaimana caranya membuat gambar siluet dari foto. Disini saya menggunakan Adobe Photoshop 7.
Baiklah, langsung saja Sob. Berikut tutorialnya.
1.       Pertama, Siapkan foto objek dari samping. Disini saya menggunakan foto Teman saya (Ilham namanya. Keren kan orangnya ? hehe).





2.       Selanjutnya seleksi gambar dengan menggunakan Pen Tool. Dalam penyeleksian ini kita harus hati-hati, karena rapih atau tidaknya hasil berawal dari sini dan tergantung ketelitian kita dalam menyeleksi. Tergantung amal dan ibadah juga , haha (just kidding)...




Sambungkan semua titik, sehingga hasil seleksi akan menjadi seperti ini.



3.       Setelah itu, pilih menu Window => Path, pilih “Load Path as Selection” (Ribbon dengan gambar lingkaran putus-putus), sehingga seleksi akan menjadi seperti ini.



4.       Setelah itu, balik seleksi dengan cara pilih ribbon Select => Invers, sehingga seleksi menjadi terbalik, berubah ke background seperti gambar berikut ini.






5.       Selanjutnya, pada Window pilih menu Layers, selanjutnya pilih “Adjustment Layer..”(Ribbon yang bergambar lingkaran putih-hitam), lalu pilih Solid Color. Atur warna, sehingga background menjadi putih. Setelah itu pilih OK.




6.       Setelah background menjadi warna putih, selanjutnya pilih Ribbon Chanel yang berada di Window, lalu pilih Load Path as Selection” (Ribbon dengan gambar lingkaran putus-putus) seperti yang digunakan diawal tadi, lalu OK. Selanjutnya balik kembali seleksi dari background ke objek, dengan cara memilih kembali Select => Invers.

7.       Setelah itu, atur kembali warna seperti kita mengatur warna background tadi, tapi kali ini kita menggunakan warna hitam untuk objek, sehingga gambar akan menjadi seperti ini.
      (Sebenarnya dalam mengatur warna fill ini bisa objek terlebih dahulu,  caranya diatur warna fill nya sebelum di invers, dan cara itu lebih cepat. Tapi disini saya mengatur warna background terlebih dahulu. Kenapa?  (Biar artikelnya tambah panjang, hehehe.)

8.  Dan terakhir, rapihkan gambar dengan Blur Tool dan sesuaikan ukuran dengan memotong gambar menggunakan Corp Tool.

 



Dan akhirnya, gambar Siluet yang kita inginkan pun jadi....



Sekian tutorial dari saya, bila masih banyak kesalahan dan kurang jelas dalam penulisannya saya minta maaf. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentarnya dan tolong share link blog ini ya...
Terima Kasih atas kunjungannya, jangan lupa next time mampir lagi ya :D
positifirst.blogspot.com

3 komentar

keren gan tutornya.. coba cek videonya di sini gan
https://www.youtube.com/watch?v=s185Y9JftuA

Semoga sukses ^_^ jgn lupa subscribe

Terimakasih tutorialnya , sangat bermanfaat sekali

sekalian ijin promosi ya :)
Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://alatantrianberkualitas.blogspot.com/
atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

Wah, Mantap nih blognya ....
Sangat berguna informasinya Thanks infonya min

Silahkan jika Anda ingin berkomentar.